ruang cerita, ruang semua

XL Future Leader bagiku

XL Future leader Care to share di SDN 01 TambakWedi, Surabaya
XL Future leader Care to share di SDN 01 TambakWedi, Surabaya

Menjadi bagian dari sesuatu yang besar adalah suatu kebanggaan. Itulah yang saya rasakan sewaktu tahu lolos seleksi di program pengembangan kepemimpinan XL Future Leaders yang di inisiasi oleh Pak hasnul suhaemi, CEO XL Axiata. Kabar itu saya sampaikan kepada orang-orang terdekat, keluarga dan beberapa teman yang akrab dan mereka tersenyum senang mendengarnya.

Awalnya saya belum tahu dengan program kepemimpinan ini. Saya berpikir program ini akan sama dengan program sejenis dari berbagai perusahaan lain. Kegiatannya akan banyak dilaksanakan dalam bentuk outbond, gathering, pementasan seni dan hal yang serupa.

Ternyata perkiraan saya salah.

Hari pertama workshop dan mendapatkan penjelasan dari mentor, saya baru ngeh kalau XLFL ini didesain untuk menyiapkan mahasiswa menghadapi persaingan bebas dunia professional. Yang memang tidak lama lagi akan kita rasakan. Ketika lulusan dari universitas-universitas di indonesia akan bersaing pursuing career di dunia professional dengan lulusan dari universitas se-asia tenggara.

Menyiapkan itu semua, tidak akan cukup hanya berbekal hardskill yang dipelajari selama di kampus. Butuh kompetensi lebih untuk bisa bersaing dengan mereka lulusan dari seluruh asia tenggara. Essential competence yang harus dimiiki oleh setiap pribadi terlepas dari bidang studi di perkuliahan.

Selama dua tahun program, saya dibekali hal itu, kompetensi untuk bersaing dan berkarya di dunia porfessional. Mempelajari dan mengimplementasikan  XL Curriculum yang di rumuskan oleh praktisi dan akademisi dari berbagai negara. Kurikulum yang memuat tiga essential competence dunia professional. Communication, enterpreneurship and managing change.

Bagi saya, selain materi dan mentorship salah satu poin berharga selama di XLFL adalah pengalaman berinteraksi dengan pribadi-pribadi passionate yang totalitas dalam berkarya. Dalam satu kelas mentorship saya berkolaborasi dengan teman-teman yang passionate dan aktif di bisnis, pendidikan, sosial masyarakat, politik dan bidang-bidang lain.

Mereka aktif di kampus masing-masing. Bahkan beberapa dari mereka sudah aktif selama masih di high school.

Dalam banyak case, latar belakang bidang keaktifan mereka sangat berharga. Seperti saat kita mendapat tugas kelompok, insight mereka akan sangat mewarnai diskusi konsep dan implementasi dalam project yang kita lakukan.

Saya belajar banyak dari classmate saya di XLFL Surabaya. Dalam usia yang masih muda mereka sudah mencoba menemukan jati diri mereka. Meraba-raba apa yang ingin mereka perbuat dan kontribusikan dari hidup ini. Mereka memilih bidang masing-masing dan yakin bahwa melalui bidang itulah mereka akan membawa manfaat dari diri mereka kepada masyarakat luas.

Dua tahun waktu yang singkat untuk  belajar. Anyway beberapa project bersama telah kami lakukan. XLFL Care to share, XLFL Roadshow, Mandangin Menulis adalah beberapa program yang swadaya XLFL Surabaya lakukan.

Saya sangat berterima kasih untuk semua diskusi, pelajaran dan pertemanan ini 🙂

Notes:

  1. tulisan ini dimuat di http://www.xlfutureleaders.com/xl-future-leaders-bagiku/
  2. Yang pengen belajar lanjut materi XL future leaders curriculum. Bisa akses via http://www.elearn.xlfutureleaders.com

Advertisements

1 thought on “XL Future Leader bagiku”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s