ruang gagas, ruang semua

Belajar menjadi merdeka

Apa sebenarnya cita-cita pendiri bangsa kita?

Dalam suasana tujuh belasan lumrah kita jumpai berbagai kegiatan yang sifatnya perayaan. Mulai dari berbagai jenis lomba sampai pawai kostum (karnavalan) guna memperingati hari suci bangsa kita.  Dari kegiatan tingkat RT/RW sampai yang melibatkan petinggi negara. Semua bergembira menyambut ulang tahun kemerdekaan.

Saya pun gembira dengan suasana lingkungan sekitar yang tiba-tiba menjadi meriah. Ada banyak spanduk, banner, bendera merah putih dan hiasan-hiasan lain yang saya jumpai sampai gang kecil kos saya tinggali. Saya tiba-tiba merasa bersemangat dan bahagia melihat adik adik kecil berlarian membawa bendera merah putih kecil di kedua tanganya.

Hanya saja, saya memahami berbagai perayaan dan kegiatan yang dilakukan seolah kehilangan makna. Bagaimana tidak, kegiatan yang ditujukan untuk mengenang dan mewarisi semangat perjuangan hanya tampak dan terasa diluar saja. Hanya menjadi agenda tahunan yang kehilangan tujuan dan fungsi.

Saya tidak menolak agenda tahunan ini, bahkan sayapun terlibat didalamnya. Hanya saja menurut saya ada hal yang lebih urgent dilakukan untuk memperjuangkan kemerdekaan daripada hanya sebatas hal-hal perayaan.

Kita perlu banyak belajar.

Belajar kepada para pahlawan bagaimana menjadi bangsa merdeka.

Belajar menjadi bangsa yang merdeka artinya kita harus belajar untuk bertangungjawab. Karena ciri utama dari kemerdekaan adalah kebebasan maka dengan kebebasan itu apa yang akan kita perbuat? Kita perlu tanggugjawab. Orang-orang yang mengerti dan sadar akan peran sosial yang harus dilakukanya.

Kita tidak bisa belajar bertanggung jawab dari seminar dan kegiatan sejenis. Lebih mudahnya harus kita lakukan dalam kehidupan sehar-hari. Oleh setiap dari kita. Hingga suatu saat bisa menjadi budaya yang ada di masyarakat.

Dari mana kita memulai?

Tanggung jawab lebih baik kita amalkan dari entitas terkecil dari struktur sosial (pribadi) dan dilakukan secara berbarengan. Hal-hal baik akan muncul apabila setiap pribadi dengan peran sosial berbeda memiliki satu kesamaan sikap sebagai orang merdeka.

Tanggung jawab.

Seorang pebisnis yang bertanggung jawab ia akan memahami peran Ekonomi dan CSR yang bisa ia perbuat.

Seorang Politisi yang bertanggung jawab ia merumuskan kebijakan-kebijakan yang bermanfaat untuk rakyat.

Seorang (siapapun) yang bertangung jawab ia akan melakukan peran sosialnya dengan baik.

Saat kita merdeka. Saat itu pula kita harus belajar tanggung jawab.

—–

Gang kecil di Surabaya, 21 Agustus 2015

Advertisements

3 thoughts on “Belajar menjadi merdeka”

  1. Dan bagaimana kita masih harus belajar untuk me’merdeka’kan diri tanpa harus menjajah kemerdekaan orang lain.
    Boleh mengutamakan kemerdekaan diri, tapi jangan lupa kemerdekaan kanan-kiri 🙂

    Like

  2. saya tidak setuju dengan yang anda sampaikan. memang agaknya kegiatan yg dilaksanakan untuk turut memeriahkan hari kemerdekaan tidak memiliki makna tp bukan berarti tidak memiliki tujuan. Sama saja seperti anda, mereka sbg entitas terkecil dlm struktur sosial sbg pribadi yg sekaligus sbg panitia bertanggung jawab di lingkungan sosial. masyarakat. setidaknya itu adalah hal yg bisa dilakukan olehnya untuk mengenalkan kepada masyarakat khususnya anak-anak semangat kemerdekaan bahwa hari itu kita (Indonesia) telah terjadi peristiwa yang menentukan nasib kita saat ini.

    Like

  3. Mengenai perayaan hari kemerdekaan kita ini, kami mempunyai pendapat yg sama. Kami merasakan hal yg sama.
    Menginginkan hal itu segara berubah. Berubah menjadi perayaan kemerdekaan yg sesungguhnya. Merdeka dan benar2 merdeka. Kita tak layak seperti ini. Kita terlalu besar untuk kecil.

    Tp tak tahu apa yg harus di perbuat.
    Dan di tengah jalan kadang muncul pikiran “tinggalkan keinginanmu itu,hiduplah sendiri tak usah pedulikan yg lain. Bukankah kau sudah tahu sendiri bahwa hidup juga susah”.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s